Skip to content
Home » Lamaran dan Tunangan, Apa Bedanya?

Lamaran dan Tunangan, Apa Bedanya?

Pengenalan

Lamaran dan tunangan seringkali disamakan dalam penggunaannya. Sementara keduanya memiliki arti yang hampir sama, tetapi masih memiliki perbedaan penting yang perlu kita ketahui. Jika kamu masih bingung dengan perbedaan keduanya, artikel ini akan memberikan penjelasan yang lengkap dan jelas untukmu.

Apa itu Lamaran?

Lamaran adalah proses dimana seseorang (atau pihak keluarganya) menyatakan keinginan untuk menikahi seseorang yang menjadi calon pasangannya. Lamaran biasanya diawali dengan permintaan izin kepada keluarga calon pasangan, terutama orang tua, untuk melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius melalui pernikahan.

Apa itu Tunangan?

Tunangan adalah tahap di mana kedua belah pihak secara resmi telah memutuskan untuk melanjutkan hubungan dan menjadikan hubungan tersebut sebagai persiapan untuk pernikahan. Pada tahap ini pasangan telah saling memahami satu sama lain dalam jangka waktu yang lebih lama dan siap untuk memutuskan masa depan mereka bersama-sama.

Perbedaan Lamaran dan Tunangan

Jangka Waktu

Perbedaan yang paling jelas antara lamaran dan tunangan adalah jangka waktu di dalam keduanya. Lamaran biasanya akan terjadi pada tahap awal hubungan, sedangkan tunangan terjadi ketika hubungan sudah berkembang dan kedua belah pihak sudah cukup mengenal satu sama lain. Lamaran pun biasanya berlangsung dalam waktu yang relatif singkat, sedangkan tunangan bisa berlangsung dalam jangka waktu yang lebih lama.

Status

Lamaran dianggap sebagai sebuah tanda atau cara untuk menunjukkan hasrat dan niat seseorang untuk melamar calon pasangan mereka. Lamaran sendiri belum mengubah status pasangan menjadi tunangan, melainkan hanyalah sebuah proses untuk mengajukan permintaan memulai hubungan serius. Sementara itu, pasangan yang sudah merasa siap untuk melanjutkan hubungan ke pernikahan akan menjadi tunangan.

BACA JUGA:   Lovebird Lutino Mata Hitam: Jenis dan Karakteristik yang Perlu Diketahui

Keterlibatan Keluarga

Lamaran biasanya melibatkan keluarga pasangan dalam proses pengambilan keputusan dan memberikan persetujuan awal. Di sisi lain, tunangan adalah keputusan yang diambil oleh kedua belah pihak dan tidak terlalu melibatkan keluarga.

Tanda-tanda

Terdapat beberapa tanda yang bisa membedakan lamaran dan tunangan. Lamaran biasanya diikuti dengan satu cincin tunangan dan diumumkan secara resmi kepada keluarga besar. Sementara itu, tunangan biasanya diikuti dengan dua cincin tunangan dan diumumkan secara resmi kepada teman dan sahabat.

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah tahu perbedaan antara lamaran dan tunangan. Lamaran adalah tanda niat untuk melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius, sedangkan tunangan adalah tahap di mana pasangan memutuskan untuk melanjutkan hubungan dan mempersiapkan pernikahan. Selain itu, terdapat beberapa tanda dan perbedaan lain yang membedakan keduanya.

Kesimpulannya, baik lamaran maupun tunangan adalah fase penting dalam hubungan yang harus dipahami dan dihargai. Jangan lupa, semua keputusan yang kamu ambil harus sesuai dengan keinginanmu dan tidak ada paksaan dari pihak manapun.