Skip to content
Home » Masalah pada Canter 136 HDL dan Cara Mengatasinya

Masalah pada Canter 136 HDL dan Cara Mengatasinya

Canter 136 HDL adalah kendaraan Mitsubishi yang sering digunakan dalam lingkup bisnis seperti trucking, pengiriman barang, dan logistik. Kendaraan ini dianggap cukup andal dan tahan lama oleh para penggunanya. Namun, seperti kendaraan lainnya, Canter 136 HDL juga mengalami beberapa masalah yang harus segera diatasi agar tidak membawa dampak yang lebih besar di kemudian hari.

Berikut ini adalah beberapa kelemahan Canter 136 HDL yang sering ditemukan dan cara mengatasinya:

Overheat

Overheat adalah suatu kondisi dimana mesin kendaraan terlalu panas dan bisa menyebabkan kerusakan pada mesin dan komponen lainnya. Overheat biasanya disebabkan oleh berbagai faktor seperti kebocoran pada sistem pendingin, kegagalan pada sistem kelistrikan, atau penggunaan pendingin yang tidak cukup.

Untuk mengatasinya, periksa terlebih dahulu sistem pendingin agar tidak ada kebocoran. Pastikan juga radiator dan kipas radiator berfungsi baik. Jika perlu, ganti komponen yang sudah rusak atau mati dengan yang baru untuk memastikan sistem pendingin bekerja dengan baik.

Mesin Susah Menyala

Saat mesin Canter 136 HDL susah menyala, ini bisa disebabkan oleh berbagai masalah seperti penggunaan bahan bakar yang kurang berkualitas, sistem injeksi yang kotor atau mati, atau kerusakan pada sistem kelistrikan.

Untuk mengatasinya, pastikan bahan bakar yang digunakan memiliki oktan yang cukup tinggi dan bebas dari kotoran. Periksa juga sistem injeksi agar tidak kotor atau mati. Jika ditemukan kerusakan pada sistem kelistrikan, segera ganti komponen yang rusak.

Rem Mengunci

Rem yang mengunci dapat menyebabkan kendaraan tidak bisa dikendalikan dengan baik dan berbahaya untuk pengendara dan pengguna jalan lainnya. Rem yang mengunci bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti ban yang aus, sistem rem yang kotor atau rusak, atau penggunaan rem yang keras.

BACA JUGA:   Jam Tangan Bvlgari Original: Inilah yang Membuatnya Spesial

Untuk mengatasinya, pastikan dulu kondisi ban kendaraan apa sudah waktunya diganti atau tidak. Periksa juga sistem rem kendaraan agar bebas dari kotoran dan bahan-bahan lainnya yang dapat merusak sistem rem. Jangan gunakan rem terlalu keras untuk menghindari kerusakan pada rem.

Kendaraan Getar Saat Jalan

Jika kendaraan Canter 136 HDL getar saat jalan, ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti roda yang tidak seimbang, kopling yang aus atau rusak, atau suspensi yang kendor.

Untuk mengatasinya, periksa kondisi roda kendaraan dan pastikan semua roda seimbang. Pastikan juga kopling bekerja dengan baik dan bebas dari aus atau kerusakan. Jangan lupa periksa kondisi suspensi kendaraan agar tidak kendur dan bekerja dengan baik.

Baterai Mudah Habis

Baterai yang terus-menerus habis bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti sistem kelistrikan yang kurang baik atau baterai yang sudah tua.

Untuk mengatasinya, pastikan sistem kelistrikan mobil berfungsi dengan baik dan tidak ada konsleting atau kebocoran yang dapat merusak baterai. Ganti baterai kendaraan bila sudah sangat tua atau tidak lagi berfungsi dengan baik.

Kesimpulan

Melakukan perawatan yang rutin dan memperbaiki segera masalah yang ditemukan di kendaraan Canter 136 HDL dapat memperpanjang umur kendaraan dan mencegah masalah yang lebih besar di kemudian hari. Jangan lupa periksa juga bagian-bagian lainnya seperti sistem kelistrikan, suspensi, dan bagian-bagian lainnya untuk memastikan kendaraan Anda bekerja dengan baik.