Skip to content
Home » Menjadi Kreatif dengan Hobi DIY: Coba Perbaiki Barang dengan Tangan Sendiri di Rumah

Menjadi Kreatif dengan Hobi DIY: Coba Perbaiki Barang dengan Tangan Sendiri di Rumah

Hobi DIY atau "do it yourself" kini semakin populer di semua kalangan. Banyak orang yang sudah terbiasa memperbaiki barang sendiri di rumah, mulai dari yang amatir hingga yang ahli. Selain terlihat keren karena bisa membuat barang kekinian dengan desain unik, hobi DIY juga memiliki manfaat lain seperti menghemat biaya, mengurangi sampah, dan tentunya membuat kita lebih mandiri.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, kegiatan DIY juga menjadi salah satu alternatif untuk mengisi waktu luang saat di rumah saja. Tidak perlu khawatir kesulitan menemukan bahan untuk membuat atau memperbaiki sesuatu, karena sekarang bahan-bahan yang dibutuhkan sudah bisa diakses dengan mudah secara online. Apa saja barang yang bisa kita perbaiki sendiri di rumah?

Memperbaiki Kostumetik yang Rusak

Barang-barang kosmetik yang seringkali kita gunakan juga bisa rusak sewaktu-waktu. Mulai dari lipstik yang patah, blush-on yang pecah, hingga eyeshadow yang hancur. Alih-alih membeli yang baru, kita bisa membuat solusi kreatif dengan mengumpulkan sisa-sisa kosmetik yang masih baik dan mencampurnya menjadi sebuah palet baru.

Untuk memperbaiki lipstik yang patah, letakkan potongan-potongan yang patah pada sendok, lalu panaskan di atas api lilin atau dengan menyala sama sekali. Ketika lipstik mulai meleleh, tekan potongannya pada lipstik yang lain, dan rapikan permukaannya. Hasilnya, lipstik patah bisa dibuat utuh kembali.

Memperbaiki Pakaian dan Aksesoris

Pakaian yang kita miliki, khususnya yang sering digunakan, kerap kali rentan mengalami kerusakan. Mulai dari lubang pada kaos kesayangan, retak pada gelang, hingga patah pada anting-anting favorit. Jangan langsung membuang barang-barang tersebut, karena kita bisa memperbaikinya sendiri di rumah.

BACA JUGA:   Jepang Indonesia Beda Berapa Jam?

Salah satu contohnya adalah memperbaiki kaos yang bolong menggunakan perekat kain, atau bisa juga dengan cara menambalnya secara manual dengan jahitan tangan. Gelang yang retak bisa dijepit kembali dengan lem khusus atau lem tembak. Sedangkan, anting-anting favorit yang patah bisa dihubungkan kembali dengan kawat tipis atau perangkat las ultra kecil.

Memperbaiki Elektronik Rumah Tangga

Elektronik rumah tangga seperti televisi, stereo, dan layar monitor kini menjadi kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Namun, ketika barang elektronik tersebut rusak, kita harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaikinya atau membeli yang baru. Tidak perlu cemas, kita juga bisa memperbaiki barang elektronik sendiri di rumah.

Salah satu hal yang dapat kita lakukan adalah memeriksa kabel dan konektor yang terdapat pada barang elektronik tersebut. Pastikan bahwa semuanya terpasang dengan benar dan tidak ada yang copot atau rusak. Jika masih belum bisa, kita juga bisa mencari panduan atau tutorial online untuk memperbaikinya.

Kesimpulan

Di atas adalah beberapa barang yang bisa kita perbaiki sendiri di rumah. Selain menghemat biaya, kegiatan DIY juga bisa menambah keahlian dan wawasan kita serta membuat kita lebih mandiri. Jangan sampai kegiatan DIY kita hanya berhenti pada tahap memperbaiki barang-barang sederhana seperti di atas, kita bisa mencoba membuat barang dengan desain unik dan menarik.

Tentunya, Anda juga harus memperhatikan keselamatan dan menjaga peralatan ketika mempraktikkan hobi DIY. Jangan lupa untuk menggunakan alat pelindung diri (APD) seperti sarung tangan, kacamata, dan masker ketika melakukan beberapa aktivitas hobi DIY yang berisiko. Selamat mencoba!