Skip to content
Home » Nasi Kebuli vs Nasi Mandhi: Apa Bedanya?

Nasi Kebuli vs Nasi Mandhi: Apa Bedanya?

Jika Anda seorang pecinta masakan Timur Tengah, mungkin Anda pernah mendengar tentang Nasi Kebuli dan Nasi Mandhi. Kedua masakan ini sangat populer di Timur Tengah dan memiliki penggemar yang fanatik di seluruh dunia. Tetapi apa sebenarnya yang membedakan Nasi Kebuli dan Nasi Mandhi?

Nasi Kebuli

Nasi Kebuli merupakan masakan nasi yang terbuat dari beras yang dimasak dengan bumbu rempah dan daging kambing atau ayam. Kebanyakan orang mengenal masakan ini berasal dari Aceh, namun kenyataannya masakan ini memiliki asal-usul yang berasal dari orang Arab yang menghuni Aceh pada abad ke-16. Di Arab, masakan ini disebut sebagai "Kabsah" dan merupakan masakan yang sangat populer di seluruh Timur Tengah.

Salah satu bahan baku utama Nasi Kebuli adalah kismis atau raisin yang memberikan cita rasa manis pada masakan ini. Selain itu, daging kambing atau ayam yang dipadukan dengan bumbu rempah seperti cengkeh, kayu manis, jintan, kardamom, dan kapulaga akan memberikan rasa yang khas dan nikmat bagi penggemar masakan ini.

Nasi Mandhi

Sementara itu, Nasi Mandhi adalah masakan nasi yang berasal dari wilayah Arab Saudi. Masakan ini terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan daging kambing atau ayam yang dipanggang dengan bumbu rempah dan minyak zaitun. Masakan ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memasak daging agar bumbu meresap sempurna ke dalam daging.

Salah satu bahan rempah khas Nasi Mandhi adalah Daun Salam yang dikenal sebagai bahan alami yang dapat meningkatkan cita rasa dalam masakan. Selain itu, Nasi Mandhi juga disajikan dengan saus yang terbuat dari tomat, bawang merah, cabai hijau, cuka, dan garam. Saus ini memberikan cita rasa yang asam dan segar yang cocok dengan rasa khas Nasi Mandhi.

BACA JUGA:   Menjadi Copywriter Profesional dalam Industri Digital

Perbedaan Mendasar

Walaupun keduanya merupakan masakan nasi dengan bumbu rempah dan daging, terdapat beberapa perbedaan mendasar antara Nasi Kebuli dan Nasi Mandhi.

  • Asal-usul: Nasi Kebuli berasal dari Aceh, sementara Nasi Mandhi berasal dari Arab Saudi.
  • Bahan Baku: Nasi Kebuli menggunakan kismis sebagai salah satu bahan utama, sedangkan Nasi Mandhi tidak menggunakan kismis namun lebih banyak menggunakan Daun Salam.
  • Cara Memasak: Nasi Kebuli dimasak dengan bumbu dan daging yang direbus, sementara Nasi Mandhi membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memanggang daging sehingga bumbu dapat meresap sempurna ke dalam daging.
  • Sajian: Nasi Kebuli umumnya disajikan dengan daging yang sudah direbus, sedangkan Nasi Mandhi disajikan dengan daging yang dipanggang dan dengan saus tomat yang segar.

Kesimpulan

Dari perbedaan di atas, dapat disimpulkan bahwa Nasi Kebuli dan Nasi Mandhi adalah dua masakan nasi yang berbeda asal-usul, bahan baku, cara memasak, dan sajian. Keduanya dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin mencicipi masakan Timur Tengah yang khas dan lezat.

Jadi bagaimana, apakah Anda sudah memutuskan untuk mencicipi Nasi Kebuli atau Nasi Mandhi hari ini? Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin mengetahui perbedaan antara dua masakan nasi yang populer di Timur Tengah.