Skip to content
Home » Perbandingan iPhone X dan XR: Siapa yang Lebih Baik?

Perbandingan iPhone X dan XR: Siapa yang Lebih Baik?

Jika Anda mencari iPhone baru yang terbaik, kemungkinan besar Anda akan menemukan diri Anda berada di antara iPhone X dan XR. Keduanya memiliki fitur yang memikat dan desain yang menarik perhatian. Tetapi, apakah iPhone X lebih baik daripada XR? Atau sebaliknya? Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail perbandingan iPhone X dan XR, dari segi desain, kamera, baterai, dan performa.

Desain

Baik iPhone X dan XR punya tampilan yang modern dan elegan. Namun, ada beberapa perbedaan dalam desain mulai dari ukuran hingga jenis material yang menggunakan casingnya. iPhone X memiliki layar OLED 5,8 inci dengan bezel tipis dan notch, sedangkan iPhone XR hadir dengan layar LCD yang lebih besar 6,1 inci dan bezel yang lebih lebar.

Jika kita bicara tentang warna, iPhone XR punya keunggulan. Ada enam pilihan warna yang tersedia yaitu hitam, putih, biru, kuning, merah, dan koral. Sedangkan iPhone X hanya tersedia dalam warna silver dan space gray. Selain itu, iPhone XR juga tahan air dengan sertifikasi IP67, sementara iPhone X dengan sertifikasi yang sama namun sedikit lebih baik yakni IP68.

Kamera

Kamera sangat penting bagi mereka yang senang memotret. Perbedaan paling mencolok antara iPhone X dan XR dalam hal kamera adalah jumlah kamera yang digunakan. iPhone X dilengkapi dengan kamera belakang ganda 12 MP, sedangkan iPhone XR hanya menggunakan satu kamera belakang 12 MP. Namun, perbedaan ini bukan berarti iPhone XR lebih buruk daripada iPhone X dalam hal kamera. iPhone XR masih cukup mumpuni untuk menghasilkan foto yang baik.

Baterai

Dengan penggunaan yang semakin intensif, baterai menjadi sumber masalah bagi kebanyakan pengguna smartphone. Untungnya, kedua iPhone X dan XR punya baterai yang cukup besar. iPhone X punya kapasitas baterai 2716mAh sedangkan iPhone XR 2942mAh. Dalam pengujian daya tahan baterai yang dirilis oleh Apple, iPhone XR diisi daya penuh lebih lama daripada iPhone X. Namun, pengisian daya dengan cepat adalah keunggulan iPhone X.

BACA JUGA:   Emas dan Perak: Dua Warna yang Dicampur dengan Perbandingan yang Sama Disebut Warna

Performa

Jika Anda mencari performa terbaik, maka iPhone X adalah pilihan yang tepat. Ia dilengkapi dengan chip A11 Bionic yang handal, 3 GB RAM, dan rasio layar-ke-tubuh yang lebih tinggi. iPhone XR dilengkapi dengan chip yang lebih baru, yaitu A12 Bionic, namun hanya punya 2GB RAM dan rasio layar-ke-tubuh yang lebih rendah. Namun, dalam hal penggunaan sehari-hari, perbedaan dalam performa mungkin tidak terlalu terasa.

Kesimpulan

Jadi, apakah iPhone X lebih baik daripada iPhone XR? Atau sebaliknya? Jawabannya tergantung pada kebutuhan Anda. Jika Anda mencari layar OLED yang lebih kecil dan performa terbaik, maka iPhone X adalah pilihan yang tepat. Jika Anda menginginkan warna yang lebih banyak, baterai yang lebih tahan lama, dan tampilan layar yang lebih besar, maka iPhone XR adalah pilihan yang tepat. Dan jangan lupa, perbedaan harga juga harus menjadi pertimbangan penting. Sekarang, pilihan ada di tangan Anda.