Skip to content
Home » Perbandingan Luas Perairan dan Daratan Indonesia

Perbandingan Luas Perairan dan Daratan Indonesia

Indonesia merupakan negara maritim dengan garis pantai yang panjang dan perairan yang luas. Namun, bagaimana perbandingan luas perairan dan daratan di Indonesia?

Luas Daratan Indonesia

Menurut data Badan Pusat Statistik, luas daratan Indonesia mencapai sekitar 1.811.569 km persegi. Luas daratan Indonesia ini menjadikan Indonesia sebagai negara terbesar ke-14 di dunia berdasarkan luas daratan.

Luas Perairan Indonesia

Indonesia terkenal dengan lautannya yang luas dan indah. Menurut data Badan Informasi Geospasial, luas perairan Indonesia mencapai sekitar 6.000.000 km persegi, yang terdiri dari laut territorial, zona ekonomi ekslusif, dan laut lepas.

Perbandingan Luas Perairan dan Daratan Indonesia

Dengan luas daratan sekitar 1.811.569 km persegi dan luas perairan sekitar 6.000.000 km persegi, dapat disimpulkan bahwa Indonesia memiliki luas perairan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan luas daratan.

Keunikan Perairan Indonesia

Perairan Indonesia memiliki keunikan tersendiri, salah satunya adalah terumbu karang yang indah dan beragam. Indonesia merupakan negara dengan daerah terumbu karang terbesar di dunia. Selain itu, perairan Indonesia juga menjadi tempat hidup berbagai spesies laut yang langka dan dilindungi.

Tidak hanya itu, Indonesia juga memiliki banyak teluk, selat, dan cabang sungai yang merupakan sumber daya alam yang penting bagi negara ini. Perairan Indonesia juga digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti pariwisata, perikanan, dan perdagangan.

Memanfaatkan Luas Perairan dan Daratan Indonesia

Pemerintah Indonesia telah mengambil berbagai kebijakan untuk memanfaatkan luas perairan dan daratan Indonesia dengan baik. Salah satunya adalah dengan meluncurkan program tol laut untuk meningkatkan konektivitas antara pulau-pulau di Indonesia.

BACA JUGA:   Mengenal LKPD Perbandingan Kelas 7

Selain itu, pemerintah juga berfokus pada pengembangan sektor perikanan dan pariwisata di Indonesia, yang mengandalkan sumber daya alam dari perairan dan daratan.

Kesimpulan

Indonesia memiliki luas perairan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan luas daratan. Perairan Indonesia merupakan sumber daya alam yang penting dan memiliki keunikan tersendiri. Pemerintah Indonesia telah bergerak untuk memanfaatkan luas perairan dan daratan Indonesia dengan baik, agar dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi negara dan rakyatnya.