Skip to content
Home » Perbedaan antara Float dan Double

Perbedaan antara Float dan Double

Apakah Anda sering menggunakan bahasa pemrograman? Jika iya, maka Anda tentu sudah sangat familiar dengan tipe data float dan double. Kedua jenis tipe data ini digunakan untuk merepresentasikan angka decimal atau bilangan pecahan dalam bahasa pemrograman.

Meskipun keduanya memiliki fungsi yang hampir sama, namun ada perbedaan mendasar antara float dan double yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakannya. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara float dan double secara detail.

Definisi Float dan Double

Float dan double adalah tipe data numerik yang digunakan dalam bahasa pemrograman untuk merepresentasikan angka decimal atau bilangan pecahan. Float dan double termasuk dalam kategori tipe data floating-point, yang merujuk pada angka desimal yang dapat memiliki nilai pecahan.

Float dan double direpresentasikan dalam bentuk bit pada sistem komputer. Bit adalah unit data digital yang terdiri dari angka 0 dan 1. Bit digunakan untuk merepresentasikan angka pada sistem komputer.

Float dan double memiliki ukuran yang berbeda pada sistem komputer. Float digunakan untuk merepresentasikan angka pecahan dalam 32 bit, sedangkan double menggunakan 64 bit untuk merepresentasikan angka.

Perbedaan Ukuran dan Presisi

Perbedaan paling mendasar antara float dan double adalah ukuran dan presisi. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, float menggunakan 32 bit untuk merepresentasikan angka, sedangkan double menggunakan 64 bit.

Dalam hal presisi, double lebih akurat daripada float. Hal ini dikarenakan double menggunakan lebih banyak bit untuk merepresentasikan angka daripada float, sehingga dapat merepresentasikan angka dengan lebih akurat.

Namun, penggunaan double juga memerlukan lebih banyak memori pada sistem komputer karena menggunakan 64 bit. Jika memori sistem Anda terbatas, maka penggunaan double mungkin tidak ideal untuk digunakan.

BACA JUGA:   Cara Membuka Opsi Pengembang

Perbedaan Kecepatan

Selain ukuran dan presisi, perbedaan antara float dan double juga terletak pada kecepatan. Float memiliki kecepatan yang lebih cepat dibandingkan dengan double.

Hal ini disebabkan karena float menggunakan 32 bit untuk merepresentasikan angka, sehingga dapat diproses lebih cepat daripada double yang menggunakan 64 bit. Oleh karena itu, jika Anda memerlukan kecepatan dalam pengolahan data, maka float adalah pilihan yang lebih tepat.

Namun, perlu diingat bahwa pilihan tipe data yang tepat tergantung pada kebutuhan spesifik Anda. Jika Anda memerlukan presisi yang tinggi, maka double lebih cocok digunakan walaupun memerlukan waktu pemrosesan yang lebih lama.

Kesimpulan

Float dan double adalah tipe data numerik yang digunakan dalam bahasa pemrograman untuk merepresentasikan angka decimal atau bilangan pecahan. Meskipun memiliki fungsi yang hampir sama, namun keduanya memiliki perbedaan mendasar yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakannya.

Perbedaan antara float dan double terletak pada ukuran dan presisi, serta kecepatan pemrosesan. Jika Anda memerlukan pengolahan data yang cepat, maka float adalah pilihan yang tepat. Namun, jika Anda membutuhkan presisi yang tinggi, maka double lebih cocok digunakan meskipun membutuhkan waktu pemrosesan yang lebih lama.

Reference

https://www.geeksforgeeks.org/difference-between-float-and-double-in-c-cpp-java/