Skip to content
Home » Perbedaan antara Kimono dan Yukata

Perbedaan antara Kimono dan Yukata

Kimono dan yukata adalah pakaian tradisional Jepang yang digunakan oleh wanita dan pria di acara-acara formal dan informal. Walaupun keduanya serupa, namun terdapat perbedaan yang signifikan antara kimono dan yukata, baik dari segi bahan, desain, dan cara memakainya.

Kimono

Bahan

Kimono terbuat dari bahan katun atau sutra berkualitas tinggi yang dijahit dengan tangan. Bahan kimono sangat tipis dan ringan sehingga cocok bagi pemakainya untuk merasa nyaman selama mengenakannya. Selain itu, kimono juga memiliki bahan yang lebih tebal untuk acara resmi dan satin untuk acara pesta malam hari.

Desain

Kimono memiliki banyak desain yang berbeda-beda. Biasanya, kimono memiliki warna-warna yang cerah dan pola-pola yang rumit, seperti bunga sakura atau bentuk geometris. Kimono juga memiliki sabuk yang disebut obi yang dipakai di sekitar pinggang. Selain itu, penggunaan kimono dibedakan oleh jenis kelamin dan status sosial.

Cara Memakai

Cara memakai kimono adalah dengan melilitkan pakaian pada tubuh dan dilengkapi dengan aksesoris seperti obi atau selendang. Pakaian ini sangat sulit untuk dipakai dan memerlukan bantuan dari orang lain atau ada yang harus dipelajari sendiri.

Yukata

Bahan

Sama seperti kimono, bahan yukata terbuat dari katun atau polyester. Namun, bahan yukata biasanya lebih tipis dan ringan sehingga cocok untuk dipakai saat musim panas. Selain itu, yukata lebih terjangkau jika dibandingkan dengan kimono.

Desain

Yukata memiliki desain yang sederhana dan warna yang cerah. Pola pada yukata biasanya lebih sederhana dan tidak terlalu rumit jika dibandingkan dengan kimono. Yukata juga dipakai oleh wanita maupun pria pada acara-acara informal seperti festival atau perayaan.

BACA JUGA:   Keajaiban Pariwisata di Indonesia: Wisata Alam yang Menakjubkan

Cara Memakai

Cara memakai yukata lebih sederhana dibandingkan dengan kimono. Sebelum memakai yukata, tubuh harus dipersiapkan terlebih dahulu dengan memakai "hadagi" atau pakaian dalam katun. Kemudian yukata dililitkan pada tubuh dan diikat dengan obi. Yukata juga lebih nyaman dan mudah dipakai jika dibandingkan dengan kimono.

Kesimpulan

Secara umum, terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara kimono dan yukata. Kimono terbuat dari bahan yang lebih tebal dan memiliki desain yang lebih rumit dan cocok dipakai pada acara-acara resmi. Sedangkan, yukata terbuat dari bahan yang lebih tipis dan memiliki desain yang lebih sederhana dan cocok dipakai pada acara-acara informal. Meskipun begitu, kedua pakaian ini merupakan bagian penting dari warisan budaya Jepang dan semakin jarang ditemukan di era modern sekarang ini.