Skip to content
Home » Perbedaan CBS dan ABS PCX

Perbedaan CBS dan ABS PCX

Jika Anda mencari motor yang sporty dan bisa dipakai sehari-hari dengan biaya yang terjangkau, Honda PCX bisa jadi pilihan yang tepat. Motor ini dilengkapi dengan beberapa fitur canggih seperti Combined Braking System (CBS) dan Anti-lock Braking System (ABS). Namun, apa sebenarnya perbedaan antara keduanya?

Apa itu CBS?

Honda PCX dilengkapi dengan CBS, yang menggabungkan rem depan dan rem belakang untuk menghasilkan pengereman yang lebih efektif. Saat Anda menekan tuas rem depan, sistem ini juga akan mengaktifkan rem belakang secara otomatis. Sebaliknya, jika Anda menekan tuas rem belakang, CBS juga akan mengaktifkan rem depan secara otomatis.

Dengan sistem ini, pengereman dijalankan dengan lebih cepat dan efisien karena sistem ini mempertimbangkan kondisi laju kendaraan dan kemiringan medan yang dihadapi. Dalam situasi ini, CBS akan mempercepat fungsi pengereman dan memperpendek jarak pengereman.

Apa itu ABS?

Honda PCX juga dilengkapi dengan ABS yang berfungsi untuk mencegah ban terkunci selama pengereman. Hal ini dapat membantu Anda untuk menghindari tergelincir atau kecelakaan selama saat pengereman, terutama ketika medan licin seperti di jalanan yang basah.

ABS bekerja dengan mendeteksi perbedaan kecepatan roda kendaraan pada saat pengereman. Jika roda kendaraan terkunci, sistem ini akan mengatur pengereman secara otomatis sehingga bantalan rem hanya menekan pada kecepatan yang optimal sehingga ban tidak terkunci.

Perbedaan antara CBS dan ABS

Perlu ditegaskan di sini adalah bahwa CBS dan ABS bekerja untuk alasan yang berbeda. Meskipun keduanya dapat meningkatkan efektivitas pengereman, CBS memberikan manfaat yang lebih besar dalam situasi di mana rem depan dan belakang harus ditekan secara bersamaan, sedangkan ABS memberikan manfaat yang lebih besar ketika Anda harus mengerem dengan keras pada medan licin atau berpasir.

BACA JUGA:   Manfaat dan Kelezatan Gula Kelapa

Dengan CBS, anda bisa mengalihkan atau membagikan kekuatan pengereman ke depan dan belakang sesuai kondisi yang dihadapi. Ini akan meningkatkan efisiensi pengereman dan memperpendek jarak pengereman, terutama ketika melaju di jalanan yang menanjak.

Sementara itu, ABS dapat sangat bermanfaat dalam situasi di mana medan licin atau basah, ABS dapat membantu Anda untuk tetap stabil dan menghindari tergelincir.

Kesimpulan

Dalam hal keselamatan berkendara, keberadaan sistem pengereman itu sangat penting. Maka dari itu, penting untuk mempertimbangkan kombinasi fitur pengereman seperti CBS dan ABS pada sebuah motor yang akan dibeli. Namun, keputusan akhir tetap tergantung pada pribadi masing-masing pengendara. Yang terpenting adalah memilih motor yang aman dan cocok dengan gaya berkendara Anda.

Bagaimana? Apakah tulisan ini membantu Anda memahami hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang CBS dan ABS? Jangan lupa untuk mempertimbangkan keamanan dan keselamatan saat Anda memilih kendaraan. Jangan lupa pula untuk terus mengasah kemampuan berkendara Anda meskipun sudah memiliki fitur-fitur canggih seperti CBS dan ABS. Selamat berkendara dengan aman dan nyaman!