Skip to content
Home » Perbedaan Facial Scrub dan Facial Wash

Perbedaan Facial Scrub dan Facial Wash

Jika Anda sering menggunakan skincare, pastinya sudah tidak asing lagi dengan facial scrub dan facial wash. Kedua jenis produk ini dipakai untuk membersihkan wajah dari kotoran, minyak berlebih, serta sel kulit mati. Namun, tahukah Anda bahwa meski berfungsi sama-sama dalam membersihkan wajah, facial scrub dan facial wash memiliki perbedaan yang cukup mendasar.

Apa Itu Facial Scrub?

Facial scrub merupakan produk yang digunakan untuk membersihkan wajah dengan cara menggosoknya. Scrub terbuat dari partikel scrubbing yang kasar, seperti biji-biji kopi atau gula pasir, yang digunakan untuk mengangkat sel kulit mati atau kotoran pada wajah.

Facial scrub sangat efektif dalam mengangkat sel kulit mati yang menumpuk. Namun, penggunaan yang terlalu sering atau terlalu kasar dapat menyebabkan luka pada kulit atau merusak lapisan kulit. Sebaiknya gunakan facial scrub secara teratur namun tidak terlalu sering, tergantung jenis kulit Anda.

Apa Itu Facial Wash?

Facial wash merupakan produk yang digunakan untuk membersihkan wajah dengan cara dibilas dengan air. Produk ini cocok untuk semua jenis kulit dan bisa digunakan setiap hari, tidak seperti facial scrub yang sebaiknya digunakan satu atau dua kali seminggu saja.

Facial wash bisa mengangkat kotoran, minyak berlebih, serta makeup pada wajah dengan lembut, namun tidak menghilangkan sel kulit mati. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan facial scrub secara berkala untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada wajah.

Perbedaan Antara Facial Scrub dan Facial Wash

Setelah mengetahui definisi dan fungsinya, sekarang mari kita bahas perbedaan antara facial scrub dan facial wash.

BACA JUGA:   Harga Jam Charles Delon KW - Model Terbaru dan Rekomendasi

Cara Penggunaan

Cara penggunaan kedua produk ini sangatlah berbeda. Facial scrub digunakan dengan cara menggosok-gosokkan partikel scrubbing pada permukaan kulit. Sedangkan facial wash digunakan dengan cara memijatkan busa pembersih pada kulit wajah dengan lembut.

Kandungan

Kandungan facial scrub dan facial wash juga pasti berbeda. Facial scrub terbuat dari partikel scrubbing kasar, seperti gula pasir atau biji kopi, sedangkan facial wash terdiri dari kandungan pembersih yang lebih lembut dan tidak ada partikel scrubbing.

Frekuensi Penggunaan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penggunaan facial scrub sebaiknya tidak terlalu sering, hanya satu atau dua kali seminggu saja. Sedangkan facial wash bisa digunakan setiap hari untuk membersihkan wajah.

Efektivitas

Facial scrub sangat efektif dalam membersihkan wajah secara menyeluruh dan mengangkat sel kulit mati. Sedangkan facial wash cukup efektif dalam mengangkat kotoran dan minyak berlebih pada wajah.

Kesimpulan

Jadi, keduanya memiliki fungsi yang sama-sama penting dalam membersihkan wajah, namun dengan cara yang berbeda-beda. Untuk membersihkan wajah dari sel kulit mati, menggunakan facial scrub satu atau dua kali seminggu sangatlah penting. Sedangkan facial wash bisa digunakan setiap hari sebagai pembersih wajah utama.

Tentunya, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit Anda. Terus jaga kebersihan wajah Anda dan jangan lupa untuk melembabkan kulit dengan krim pelembab setelah membersihkan wajah. Selamat mencoba dan miliki wajah yang cantik dan sehat!