Skip to content
Home » Perbedaan Injektor CB150R Old dan New

Perbedaan Injektor CB150R Old dan New

CB150R merupakan salah satu motor sport paling populer di Indonesia. Motor ini memiliki tampilan sporty dan fitur-fitur yang menarik. Salah satu bagian yang penting dari motor ini adalah injektor. Ada dua jenis injektor yang digunakan pada CB150R, yaitu injektor CB150R old dan new. Pada artikel ini, kita akan membahas perbedaan keduanya.

Apa Itu Injektor?

Sebelum membahas perbedaan kedua injektor pada CB150R, perlu kita ketahui terlebih dahulu apa itu injektor. Injektor, atau dikenal juga sebagai fuel injector, adalah komponen penting pada sistem bahan bakar pada kendaraan bermotor. Fungsi utamanya adalah menyuplai bahan bakar ke ruang bakar melalui proses injeksi bahan bakar yang tepat sesuai dengan kebutuhan mesin.

Perbedaan Injektor CB150R Old dan New

Injektor CB150R old sudah digunakan sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2013. Sedangkan injektor CB150R new, atau yang biasa disebut juga injektor PGM-Fi, diperkenalkan pada tahun 2017. Berikut adalah perbedaan antara kedua injektor tersebut:

Desain

Injektor CB150R old dan new memiliki desain yang berbeda. Injektor CB150R old memiliki desain yang cukup besar dan panjang. Sedangkan injektor CB150R new memiliki desain yang lebih ramping dan pendek. Desain baru ini membuat motor terlihat lebih modern dan aerodinamis.

Teknologi

Injektor CB150R old menggunakan teknologi injeksi konvensional. Sedangkan injektor CB150R new menggunakan teknologi injeksi bahan bakar berteknologi tinggi, yaitu PGM-Fi (Programmed Fuel Injection). Teknologi ini membuat motor lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar dan menghasilkan performa yang lebih baik.

Kapasitas

Injektor CB150R old memiliki kapasitas injeksi sebesar 150cc. Sedangkan injektor CB150R new memiliki kapasitas injeksi sebesar 149cc. Kapasitas injeksi yang lebih kecil pada jenis injektor baru ini membuat motor lebih irit dalam penggunaan bahan bakar.

BACA JUGA:   Apa Perbedaan Imoo Asli dan Palsu?

Harga

Injektor CB150R new harganya lebih mahal dibandingkan dengan injektor CB150R old. Hal ini disebabkan karena injektor PGM-Fi menggunakan teknologi injeksi bahan bakar yang lebih canggih dan mampu menghasilkan performa yang lebih baik.

Konsumsi Bahan Bakar

Injektor CB150R new diklaim lebih irit dalam penggunaan bahan bakar dibandingkan injektor CB150R old. Menurut data yang dirilis oleh Honda, injektor CB150R new mampu mencapai konsumsi bahan bakar sebesar 42 km/l pada kondisi jalan raya.

Kesimpulan

Dari segi desain, teknologi, kapasitas, harga, dan konsumsi bahan bakar, injektor CB150R old dan new memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Namun, kedua injektor tersebut masih dapat diandalkan untuk penggunaan sehari-hari. Jika Anda ingin memiliki motor yang lebih irit dalam penggunaan bahan bakar dan performa yang lebih baik, maka mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli CB150R dengan injektor baru, yaitu PGM-Fi. Tetapi, jika Anda ingin menekan biaya pembelian motor, maka injektor CB150R old masih bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.