Skip to content
Home » Perbedaan Jurusan dan Fakultas

Perbedaan Jurusan dan Fakultas

Jurusan dan fakultas adalah dua kata yang sering kita dengar ketika kita berbicara tentang perguruan tinggi. Namun, apakah kamu tahu perbedaan antara keduanya? Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan di antara keduanya.

Pengertian Jurusan

Jurusan adalah suatu program studi yang ada di dalam sebuah fakultas. Jurusan ini biasanya terdiri dari beberapa mata kuliah yang saling terkait dan memungkinkan mahasiswa untuk mendalami bidang tertentu.

Contoh jurusan antara lain adalah psikologi, teknik sipil, hubungan internasional, dan masih banyak lagi.

Pengertian Fakultas

Fakultas adalah sebuah unit akademik yang terdiri dari beberapa jurusan. Setiap fakultas memiliki keahlian khusus dan berbeda-beda, sehingga memberikan pilihan program studi yang beragam bagi calon mahasiswa.

Contoh fakultas di perguruan tinggi adalah fakultas seni dan desain, fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas kedokteran, dan masih banyak lagi.

Perbedaan Jurusan dan Fakultas

Perbedaan pokok antara jurusan dan fakultas adalah bahwa jurusan merupakan unit akademik yang lebih kecil dan biasanya lebih spesifik dibandingkan fakultas. Sementara itu, fakultas merupakan unit akademik yang lebih besar dan bersama-sama menaungi beberapa jurusan.

Kelebihan dari memilih jurusan adalah fokus pada satu bidang tertentu dan memungkinkan mahasiswa untuk menjadi ahli dalam bidang tersebut. Sementara itu, kelebihan dari memilih fakultas adalah pilihan program studi yang lebih beragam dan kesempatan untuk mempelajari beberapa bidang sekaligus.

Namun, kelemahan dari memilih jurusan adalah terlalu fokus pada satu bidang sehingga kurang sadar akan peran dan hubungannya dengan bidang lain. Sementara kelemahan dari memilih fakultas adalah bahwa program studi yang ditawarkan mungkin terlalu umum dan tidak spesifik.

BACA JUGA:   Perbedaan PNP dan NPN

Kesimpulan

Secara umum, perbedaan antara jurusan dan fakultas ada di ukuran unit akademik yang lebih kecil dan spesifik untuk jurusan, sementara fakultas lebih besar dan bersama-sama menaungi beberapa jurusan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga calon mahasiswa perlu mempertimbangkan kebutuhan dan minatnya ketika memilih antara jurusan atau fakultas.

Topik Terkait

  • Perbedaan antara S1, S2, dan S3
  • Bagaimana Memilih Jurusan yang Tepat
  • Fakultas Populer di Indonesia

Referensi