Skip to content
Home » Perbedaan Ninja R dan SS

Perbedaan Ninja R dan SS

Honda merupakan salah satu produsen motor yang cukup populer di Indonesia. Salah satu tipe motor Honda yang cukup diminati oleh para penggemarnya adalah Ninja R dan SS. Kedua tipe motor ini memang memiliki kemiripan dan seringkali disamakan. Namun, sebenarnya terdapat beberapa perbedaan antara keduanya.

Tampilan

Salah satu perbedaan yang paling terlihat antara Ninja R dan SS adalah dari segi tampilan. Ninja R memiliki desain fairing yang lebih ramping dan aerodinamis. Sedangkan, Ninja SS lebih memiliki tampilan sporty terutama di bagian belakang. Selain itu, Ninja R memiliki livery yang lebih beragam, sedangkan Ninja SS selalu tampil dengan warna merah dan hitam.

Mesin

Mesin yang digunakan pada Ninja R dan SS sebenarnya sama-sama berkapasitas 150cc. Namun, terdapat sedikit perbedaan pada performa mesin keduanya. Ninja R memiliki torsi yang lebih besar sehingga mampu memberikan akselerasi yang lebih cepat daripada Ninja SS. Namun, Ninja SS memiliki kecepatan maksimum yang lebih tinggi dibanding Ninja R.

Suspensi

Ninja R dan SS memang menggunakan tipe suspensi yang sama-sama teleskopik di bagian depan dan bisa disetel preloadnya di bagian belakang. Namun, terdapat perbedaan pada diameter tabung suspensi depannya. Ninja R memiliki diameter tabung suspensi yang lebih besar dibandingkan dengan Ninja SS sehingga mampu memberikan peredaman lebih baik.

Pilihan Velg

Saat ini Ninja R dan SS hadir dengan pilihan velg yang berbeda. Ninja R memiliki pilihan velg palang, sedangkan Ninja SS dengan pilihan velg jari-jari. Selain itu, velg pada Ninja SS lebih lebar sehingga memberikan stabilitas lebih baik pada saat berkendara.

Harga

Tentu saja perbedaan yang cukup signifikan antara Ninja R dan SS adalah pada segi harga. Ninja R memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan Ninja SS. Hal ini dikarenakan pada beberapa bagian Ninja SS menggunakan bahan dan komponen yang lebih mahal sehingga menambah biaya produksinya.

BACA JUGA:   Harga Pasaran Oppo A7: Menawarkan Kualitas Tinggi dengan Harga yang Terjangkau

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa meski kedua tipe motor tersebut seringkali disamakan, sebenarnya terdapat perbedaan signifikan pada fitur dan spesifikasi yang dimilikinya. Jadi, sangat disarankan bagi Anda mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari kedua tipe ini sebelum memutuskan untuk membelinya. Namun, apapun pilihan Anda, pastikan selalu mengutamakan keselamatan dalam berkendara.

Headline

"Perbedaan Ninja R dan SS: Fitur dan Spesifikasi yang Berbeda"