Skip to content
Home » Perbedaan PT dan Yayasan

Perbedaan PT dan Yayasan

Ada banyak jenis badan usaha yang ada di Indonesia, dua di antaranya adalah PT dan Yayasan. Kedua jenis badan usaha ini sangat berbeda satu sama lain, baik dari segi tujuan, pengurusan, hingga hak dan kewajiban. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai perbedaan PT dan Yayasan:

Pengertian PT dan Yayasan

PT atau Perseroan Terbatas merupakan badan usaha yang memiliki tujuan untuk menghasilkan laba bagi pemiliknya. Dalam PT, pemilik disebut sebagai pemegang saham, dan mereka memiliki hak untuk memilih dewan direksi yang akan mengurus perusahaan tersebut. PT didirikan dengan modal yang diinvestasikan oleh pemilik saham dan dianggap sebagai badan usaha yang independen secara hukum dari para pemiliknya.

Sementara itu, Yayasan adalah badan hukum yang didirikan berdasarkan asas kekeluargaan, sosial, kemanusiaan, dan kepedulian terhadap lingkungan. Yayasan dibentuk tanpa kepentingan menghasilkan laba bagi pemiliknya, melainkan bertujuan untuk melakukan kegiatan sosial dan kepedulian terhadap sesama.

Tujuan Berdiri

Perbedaan pertama antara PT dan Yayasan adalah tujuan berdiri. PT didirikan untuk menghasilkan laba, sedangkan Yayasan didirikan untuk melakukan kegiatan sosial dan kepedulian terhadap sesama. Hal ini membuat PT dan Yayasan memiliki tujuan yang berbeda dalam pengelolaan dan penggunaan dana.

Hak dan Kewajiban

PT dan Yayasan juga memiliki perbedaan dalam hak dan kewajiban. Pemegang saham PT memiliki hak yang lebih banyak dalam menentukan kebijakan dan pengelolaan perusahaan. Mereka juga berhak atas dividen atau pembagian hasil laba perusahaan. Namun di sisi lain, pemegang saham juga memiliki tanggung jawab dan risiko atas kerugian atau kegagalan perusahaan.

BACA JUGA:   Cara Membuat Mesin NMAX Anda Berjalan Lebih Efisien

Sementara itu, Yayasan diurus oleh dewan pengurus yang dibentuk untuk mengelola kegiatan sosial dan kepedulian terhadap sesama. Karena tujuan Yayasan tidak mengarah pada perolehan keuntungan, maka pengurus Yayasan tidak mendapatkan gaji atau honorarium. Mereka mengurus Yayasan secara sukarela dan hanya mendapatkan pengganti biaya yang dikeluarkan dalam kegiatan Yayasan.

Modal

Penyertaan modal di dalam PT dan Yayasan juga berbeda. Dalam PT, modal berasal dari sumbangan pemegang saham yang dimasukkan ke dalam perusahaan. Pemilik saham PT tidak bertanggung jawab secara pribadi atas liabilitas perusahaan, sepanjang mereka sudah membayar modal yang telah mereka investasikan.

Di sisi lain, Yayasan tidak memiliki pemilik atau anggota. Modal Yayasan adalah sumbangan yang berasal dari pihak ketiga, seperti lembaga filantropi atau donatur individu. Oleh karena itu, Yayasan seringkali memproyeksikan dirinya sebagai kegiatan amal untuk menarik perhatian para donatur.

Pengelolaan

PT dan Yayasan juga memiliki perbedaan dalam pengelolaan. PT diurus oleh dewan direksi yang bertanggung jawab atas pengambilan keputusan dan strategi pengelolaan perusahaan agar menghasilkan keuntungan. Sedangkan Yayasan, diurus oleh dewan pengurus yang bertanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan sosial dan kepedulian terhadap sesama.

Kesimpulan

Secara ringkas, perbedaan antara PT dan Yayasan adalah:

  • Tujuan berdiri: PT didirikan untuk menghasilkan laba, sedangkan Yayasan didirikan untuk melakukan kegiatan sosial dan kepedulian terhadap sesama.
  • Hak dan kewajiban: Pemegang saham PT memiliki hak yang lebih banyak dalam menentukan kebijakan dan pengelolaan perusahaan. Sementara Yayasan diurus oleh dewan pengurus yang tidak mendapatkan gaji atau honorarium.
  • Modal: PT didirikan dengan modal yang diinvestasikan oleh pemilik saham. Sementara Yayasan tidak memiliki pemilik dan modal yang digunakan adalah sumbangan yang berasal dari pihak ketiga.
  • Pengelolaan: PT diurus oleh dewan direksi yang bertanggung jawab atas pengambilan keputusan dan strategi pengelolaan perusahaan agar menghasilkan keuntungan, sedangkan Yayasan diurus oleh dewan pengurus yang bertanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan sosial dan kepedulian terhadap sesama.
BACA JUGA:   Apa Perbedaan Antara Kutub Utara dan Kutub Selatan Sebuah Magnet?

Dalam mengembangkan bisnis atau kegiatan sosial, penting untuk memahami perbedaan antara PT dan Yayasan agar bisa memilih jenis badan usaha yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Anda lebih memahami perbedaan antara PT dan Yayasan.