Skip to content
Home » PERBEDAAN SANDISK ULTRA DAN SANDISK EXTREME

PERBEDAAN SANDISK ULTRA DAN SANDISK EXTREME

Pengenalan

SanDisk adalah salah satu produsen kartu memori dan penyimpanan digital terkemuka di dunia. Keduanya dikenal dengan produk-produk yang canggih dan dapat diandalkan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan data pengguna. Di antara semua produk mereka, dua jenis yang paling sering dibicarakan dan dibandingkan adalah SanDisk Ultra dan SanDisk Extreme. Pada artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara keduanya.

Apa itu SanDisk Ultra dan SanDisk Extreme

SanDisk Ultra adalah jenis kartu memori kelas biasa yang dirancang untuk kecepatan dan kapasitas penyimpanan yang memadai untuk penggunaan sehari-hari dan digital. SanDisk Extreme, di sisi lain, adalah jenis kartu memori kelas atas dengan kecepatan baca dan tulis yang jauh lebih cepat dan dirancang untuk pengguna profesional dan teknologi yang memerlukan penyimpanan data yang lebih cepat dan lebih tahan lama.

Kecepatan

SanDisk Extreme menawarkan kecepatan transfer data yang lebih tinggi daripada SanDisk Ultra. Dalam hal kecepatan Mode UHS (Ultra High Speed) SanDisk Extreme, secara teori, menawarkan transfer data dengan kecepatan hingga 95 megabytes per detik, sementara SanDisk Ultra hanya mencapai 80 megabytes per detik. SanDisk Extreme juga memiliki kecepatan tulis minimum 30MB/s, sedangkan SanDisk Ultra hanya 10MB/s. Intinya, SanDisk Extreme lebih cocok untuk penggunaan profesional yang memerlukan kecepatan pengiriman data yang sangat cepat.

Kapasitas

Sama seperti kecepatan, SanDisk Extreme juga menawarkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar daripada SanDisk Ultra. Dalam produk kartu memori SanDisk Extreme, kapasitas maksimum yang ditawarkan mencapai 1TB, sedangkan SanDisk Ultra bahkan tidak mencapai setengah kapasitas itu. Namun, dari segi kapasitas, SanDisk Ultra masih bisa menjadi pilihan yang baik untuk sebagian besar pengguna sehari-hari yang hanya memerlukan penyimpanan data sekitar 256GB.

BACA JUGA:   Beda HT, TC, dan PAN: Apa yang Harus Anda Ketahui?

Kehandalan

Perbedaan lain antara SanDisk Ultra dan SanDisk Extreme adalah tingkat kehandalannya. SanDisk Extreme lebih cocok untuk pengguna profesional atau teknisi yang membutuhkan kartu memori yang dapat diandalkan dan tahan lama di bawah kondisi ekstrem. SanDisk Extreme bahkan dirancang untuk tahan terhadap air, debu, dan guncangan. Namun, SanDisk Ultra juga merupakan produk yang andal dan dapat diandalkan untuk penggunaan sehari-hari.

Harga

Harga juga menjadi salah satu faktor perbedaan antara SanDisk Ultra dan SanDisk Extreme. SanDisk Extreme lebih mahal karena menawarkan kecepatan pengiriman data yang lebih cepat, kapasitas penyimpanan yang lebih besar, dan tingkat kehandalan yang lebih tinggi. SanDisk Ultra lebih murah dan lebih cocok untuk kebutuhan harian.

Kesimpulan

Berikut adalah ringkasan perbedaan antara SanDisk Ultra dan SanDisk Extreme:

  • SanDisk Ultra adalah kartu memori kelas biasa yang dirancang untuk kecepatan dan kapasitas penyimpanan yang memadai untuk penggunaan sehari-hari dan digital.

  • SanDisk Extreme, di sisi lain, adalah jenis kartu memori kelas atas dengan kecepatan baca/tulis yang jauh lebih cepat dan dirancang untuk pengguna profesional dan teknologi yang memerlukan penyimpanan data yang lebih cepat dan lebih tahan lama.

  • SanDisk Extreme menawarkan kecepatan transfer data yang lebih tinggi daripada SanDisk Ultra.

  • SanDisk Extreme menawarkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar daripada SanDisk Ultra.

  • SanDisk Extreme lebih cocok untuk penggunaan profesional atau teknisi yang membutuhkan kartu memori yang dapat diandalkan dan tahan lama di bawah kondisi ekstrem.

  • SanDisk Extreme lebih mahal daripada SanDisk Ultra.

Kesimpulannya, SanDisk Ultra dapat menjadi pilihan yang baik untuk kebanyakan penggunaan sehari-hari, tetapi jika Anda membutuhkan kecepatan transfer data yang lebih cepat, kapasitas penyimpanan yang lebih besar, dan tingkat kehandalan yang ditingkatkan, maka SanDisk Extreme adalah opsi yang lebih baik. Terlepas dari jenis kartu memori SanDisk yang Anda pilih, pastikan Anda membeli produk resmi dari SanDisk dan pastikan Anda membeli dari sumber yang terpercaya.

BACA JUGA:   Membuat Keputusan Pintar: Panduan Lengkap Memilih Produk yang Tepat