Skip to content
Home » Perbedaan TV LED dan LCD

Perbedaan TV LED dan LCD

Jika Anda mencari televisi baru di pasaran, Anda mungkin akan berpikir tentang jenis televisi yang akan dibeli. Ada berbagai jenis televisi yang tersedia, namun apa saja perbedaan antara televisi LCD dan LED?

Apa itu TV LCD?

LCD atau Liquid Crystal Display adalah teknologi tua yang digunakan dalam pembuatan televisi. TV LCD menampilkan gambar dengan menggabungkan dua lapisan polarisasi cairan kristal, satu di atas yang tetap dan yang lainnya dapat berputar untuk mengatur cahaya yang dilewatkan melalui lapisan polarisasi.

Apa itu TV LED?

TV LED atau Light-Emitting Diode adalah teknologi yang relatif baru dalam dunia televisi. TV LED bukanlah teknologi yang benar-benar baru, karena LED sudah digunakan dalam televisi sejak beberapa tahun terakhir. Yang membuat TV LED berbeda dari TV LCD adalah cara pencahayaannya. Sementara LCD menggunakan backlight fluorescent, LED memanfaatkan LED sebagai sumber cahaya.

Perbedaan utama

Satu perbedaan utama antara TV LED dan TV LCD adalah teknologi yang digunakan dalam pembuatan mereka. TV LED memanfaatkan LED sebagai teknologi pencahayaannya, sedangkan TV LCD memanfaatkan backlight fluorescent. Kualitas gambar pada TV LED lebih baik karena LED tidak hanya mampu menghasilkan warna yang lebih hidup dan kontras yang lebih tinggi, tetapi juga memperbaiki ketajaman gambar.

Kelebihan dan Kelemahan

TV LED memiliki berbagai kelebihan seperti kemampuan menghasilkan warna yang lebih cerah dan kontras yang lebih tinggi. Selain itu, TV LED lebih hemat energi dan memiliki umur pakai yang lebih lama dibandingkan dengan TV LCD. Namun, kesalahan umum dari TV LED adalah harganya yang lebih mahal daripada TV LCD.

BACA JUGA:   Mukena Khadijah: Solusi untuk Ibadah yang Lebih Nyaman

Di sisi lain, TV LCD memiliki kemampuan menghasilkan warna yang lebih akurat dan lebih tajam. Harga TV LCD lebih terjangkau daripada TV LED, sehingga cocok untuk orang yang ingin memiliki televisi berkualitas tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu mahal.

Kesimpulan

Dalam perbandingan antara TV LED dan TV LCD, tidak dapat dinafikan bahwa TV LED adalah teknologi yang lebih maju dan memiliki kualitas gambar yang lebih tinggi. Namun, TV LCD juga memiliki kelebihannya. Keputusan akhir tergantung pada kebutuhan Anda dan anggaran Anda, apakah Anda ingin memiliki televisi berkualitas yang cukup murah atau lebih canggih dengan harga yang lebih mahal.