Skip to content
Home » Perkutut Bangkok: Burung Paling Terkenal di Indonesia

Perkutut Bangkok: Burung Paling Terkenal di Indonesia

Jika kamu menggemari hobi memelihara burung, maka nama Perkutut Bangkok pasti sudah tidak asing lagi. Burung ini menjadi primadona bagi para pecinta burung di Indonesia. Perkutut Bangkok menjadi burung idola karena memiliki suara yang merdu dan indah. Selain itu, bulunya yang cantik dan warna cerah membuat mereka memiliki daya tarik tersendiri bagi para penggemarnya.

Sejarah Perkutut Bangkok

Perkutut Bangkok berasal dari negara Thailand. Di negeri tersebut, burung ini sudah populer sejak dulu dan menjadi sumber perjudian yang terkenal. Tidak hanya populer di Thailand, tetapi juga di negara lain seperti Malaysia, Filipina, dan Indonesia.

Di Indonesia sendiri, perkutut Bangkok pertama kali diperkenalkan oleh seorang pedagang burung pada awal tahun 1950-an. Dari waktu ke waktu, perkutut Bangkok semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia dan menjadi burung idola yang selalu dicari oleh para penggemar burung.

Karakteristik Perkutut Bangkok

Perkutut Bangkok memiliki panjang tubuh yang cukup besar yaitu sekitar 40 cm. Bulu pada perkutut Bangkok berwarna cerah seperti coklat kehijauan dan memiliki garis-garis vertikal berwarna hitam. Bulunya juga terlihat berkilau dan sangat indah saat terkena sinar matahari.

Namun, yang menjadikan perkutut Bangkok sangat istimewa adalah suaranya. Burung ini memiliki kemampuan untuk bersuara dengan melodi yang merdu, irama yang indah, dan tempo yang jelas. Bahkan, suara yang dihasilkan oleh perkutut Bangkok bisa menyaingi suara burung kenari yang terkenal dengan suaranya yang khas.

Perawatan Perkutut Bangkok

Jika kamu memutuskan untuk memelihara perkutut Bangkok, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk dapat merawatnya dengan baik. Hal yang paling penting adalah memberikan makanan yang baik dan berkualitas tinggi. Burung ini membutuhkan makanan yang kaya akan protein seperti ulat hongkong, jangkrik, dan kroto.

BACA JUGA:   Perbedaan Atorvastatin dan Rosuvastatin: Mana yang Lebih Baik?

Selain memberikan makanan yang baik, kamu juga harus memastikan bahwa kandang yang digunakan cukup besar dan bersih. Kamu bisa membersihkannya secara rutin dengan membersihkan kotoran pada kandang dan mengganti pakan dan air secara teratur. Selain itu, kamu juga dapat memberikan suplemen dan obat-obatan tertentu untuk menjaga kesehatan perkutut Bangkok.

Harga Perkutut Bangkok

Harga perkutut Bangkok cukup beragam tergantung pada kualitas dari burung tersebut. Untuk burung yang berkualitas tinggi, bisa dijual dengan harga puluhan juta rupiah. Sedangkan, untuk burung yang memiliki kualitas biasa, bisa diperoleh dengan harga sekitar satu juta rupiah.

Kesimpulan

Perkutut Bangkok adalah burung yang sangat populer dan menjadi burung idola di Indonesia. Burung ini memiliki suara yang merdu, bulu yang cantik, dan harga yang tinggi. Jika kamu ingin memelihara perkutut Bangkok, pastikan kamu merawatnya dengan baik dan memberikan makanan yang berkualitas tinggi. Dengan begitu, kamu akan memiliki burung yang sehat dan memiliki suara yang sangat merdu.