Skip to content
Home » Rekomendasi Susu Whey Protein Terbaik: Pilih Yang Sesuai Kebutuhan Tubuh Anda

Rekomendasi Susu Whey Protein Terbaik: Pilih Yang Sesuai Kebutuhan Tubuh Anda

Susu whey protein adalah salah satu suplemen yang paling populer di kalangan penggemar fitness, atlet, atau orang yang ingin membangun massa otot. Susu whey protein adalah sumber protein yang sangat baik dan mudah dicerna oleh tubuh manusia, sehingga cocok digunakan sebagai tambahan nutrisi untuk mempercepat proses pemulihan dan pertumbuhan otot.

Namun, dengan banyaknya merek susu whey protein yang tersedia di pasaran, memilih yang tepat bisa menjadi tugas yang sulit. Dalam artikel ini, saya akan memberikan rekomendasi susu whey protein terbaik yang cocok sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

Apa itu Susu Whey Protein?

Susu whey protein adalah protein yang diperoleh dari susu sapi. Selepas susu sapi diolah menjadi keju atau mentega, maka akan terbentuk dua protein, yaitu protein kasein dan whey protein. Whey protein adalah protein paling populer untuk konsumsi suplemen karena mudah dicerna dan diserap oleh tubuh manusia.

Jenis-Jenis Susu Whey Protein

Terdapat tiga jenis susu whey protein yang paling sering digunakan, yaitu whey protein konsentrat, whey protein isolate, dan whey protein hidrolisat.

  1. Whey Protein Konsentrat

Whey protein konsentrat adalah jenis susu whey protein yang paling umum dan terjangkau. Kandungan proteinnya berkisar antara 70-80%, dengan sisa komposisi terdiri dari lipid (lemak) dan karbohidrat. Whey protein konsentrat cocok untuk orang yang ingin memulai penggunaan suplemen whey protein karena harganya terjangkau dan mudah ditemukan.

  1. Whey Protein Isolate

Whey protein isolate adalah jenis susu whey protein dengan kandungan protein yang lebih tinggi dan sedikit mengandung karbohidrat dan lemak. Karena kandungan proteinnya mencapai hingga 90%, harga whey protein isolate biasanya lebih tinggi daripada whey protein konsentrat. Whey protein isolate cocok untuk orang yang lebih sensitif terhadap karbohidrat atau lemak pada makanan dan minuman.

  1. Whey Protein Hidrolisat
BACA JUGA:   Rekomendasi Mobil Keluarga Bekas Harga 50 Jutaan

Whey protein hidrolisat adalah jenis susu whey protein yang paling tercerna oleh tubuh manusia. Whey protein hidrolisat mengalami proses hidrolisis sehingga bentuk proteinnya menjadi lebih kecil dan mudah diserap oleh tubuh. Oleh karena itu, whey protein hidrolisat lebih cocok untuk orang yang memiliki masalah pencernaan atau alergi terhadap protein-laktosa.

Faktor Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Susu Whey Protein

  1. Kandungan Protein

Pastikan kandungan proteinnya sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Bagi orang yang ingin membangun massa otot, disarankan memilih susu whey protein yang mengandung minimal 20-30 gram protein per serving.

  1. Rasa

Pastikan rasa yang dipilih sesuai dengan selera Anda. Susu whey protein tersedia dalam berbagai macam rasa, namun perlu dicatat bahwa beberapa merek susu whey protein yang murah dapat menimbulkan aftertaste (rasa tersisa di mulut) yang mengganggu.

  1. Harga

Pastikan harga sesuai dengan budget Anda. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, whey protein isolate memiliki harga yang lebih tinggi daripada whey protein konsentrat. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih susu whey protein yang sesuai dengan budget Anda namun tetap memiliki kualitas yang baik.

  1. Kandungan Nutrisi Tambahan

Beberapa merek susu whey protein menambahkan nutrisi tambahan seperti glutamine atau creatine ke dalam produk mereka. Jika Anda membutuhkan tambahan nutrisi tertentu, pastikan untuk memperhatikan kandungan nutrisi tambahan pada susu whey protein yang Anda pilih.

Rekomendasi Susu Whey Protein Terbaik

  1. Optimum Nutrition Gold Standard 100% Whey Protein

Merek susu whey protein yang satu ini menjadi pilihan utama bagi kebanyakan orang. Optimum Nutrition Gold Standard 100% Whey Protein memiliki kandungan protein berkualitas tinggi, rasa yang enak, dan mudah ditemukan di pasaran. Produk ini memiliki 24 gram protein per serving, karbohidrat yang rendah, serta 5,5 gram BCAA (asam amino rantai bercabang) yang mempercepat proses pemulihan otot.

  1. Dymatize ISO 100
BACA JUGA:   Rekomendasi Buku Self Improvement Bahasa Indonesia

Susu whey protein Dymatize ISO 100 adalah susu whey protein isolate yang murni dan bebas dari laktosa dan gluten. Produk ini memiliki kandungan protein hingga 25 gram per serving. Selain itu, Dymatize ISO 100 juga mengandung 5,5 gram BCAA dan 2,7 gram L-leucine yang bermanfaat untuk membantu pertumbuhan otot.

  1. MusclePharm Combat Powder

MusclePharm Combat Powder adalah susu whey protein konsentrat dan isolate yang memiliki rasa yang enak dan mengandung berbagai macam nutrisi tambahan seperti glutamine, BCAA, dan enzim pencernaan. Produk ini memiliki kandungan protein hingga 25 gram per serving dan cocok untuk orang yang ingin membangun massa otot sambil menjaga kesehatan pencernaan mereka.

  1. MyProtein Impact Whey Protein

MyProtein Impact Whey Protein adalah merek susu whey protein yang terjangkau dengan kandungan protein yang tinggi. Produk ini memiliki 21 gram protein per serving dan mudah ditemukan di pasaran. Meskipun harganya terjangkau, MyProtein Impact Whey Protein tetap memiliki kualitas yang baik dan rasa yang enak.

Kesimpulan

Memilih susu whey protein terbaik untuk kebutuhan tubuh Anda tidaklah sulit selama Anda memperhatikan faktor-faktor yang telah dibahas di atas. Rekomendasi susu whey protein terbaik yang telah saya berikan dapat menjadi panduan dalam memilih susu whey protein yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Selamat mencoba!