Skip to content
Home » Rekomendasi Tempat Wisata Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Rekomendasi Tempat Wisata Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Jakarta adalah ibu kota Indonesia yang kaya akan budaya dan memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Bagi Anda yang ingin berlibur atau merencanakan liburan di Jakarta, ada beberapa tempat wisata yang harus dikunjungi! Berikut adalah rekomendasi tempat wisata Jakarta yang patut Anda kunjungi saat berada di kota ini.

Monumen Nasional (Monas)

Monumen Nasional atau yang biasa disebut Monas merupakan simbol nasional yang terletak di tengah kota Jakarta. Monas memiliki ketinggian 132 meter dan dibangun pada tahun 1954-1975 oleh Presiden Soekarno.

Di dalam Monas, terdapat Museum Sejarah Nasional yang memamerkan koleksi benda-benda sejarah Indonesia dari zaman prasejarah hingga masa modern. Anda juga bisa naik ke puncak Monas dan menikmati pemandangan indah Jakarta dari ketinggian.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah atau TMII merupakan taman tema yang menampilkan miniatur bangunan, pakaian, dan budaya dari seluruh provinsi Indonesia. Pengunjung dapat menikmati beragam atraksi dan belajar tentang kebudayaan Indonesia.

Di dalam TMII, terdapat berbagai macam atraksi seperti kereta gantung, teater IMAX, dan juga tempat pameran budaya. Taman Mini Indonesia Indah cocok untuk liburan keluarga dan teman.

Ragunan Zoo

Ragunan Zoo merupakan kebun binatang terbesar di Indonesia yang terletak di Jakarta Selatan. Terdapat lebih dari 3.000 hewan dari 270 jenis yang dijaga di dalam Ragunan.

Pengunjung dapat melihat binatang-binatang eksotis seperti Harimau Sumatera, Orangutan, dan Beruang Madu. Selain itu, Anda juga dapat berkunjung ke Taman Hutan Kota dan Menara Pandang untuk menikmati pemandangan indah Jakarta dari atas.

BACA JUGA:   Rekomendasi Earbuds 300 Ribuan: Kualitas Musik yang Tak Terhingga

Museum Nasional

Museum Nasional terletak di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Museum ini didirikan pada tahun 1778 oleh Gubernur Jendral Gustaaf Willem van Imhoff dan memiliki koleksi benda seni dan sejarah yang sangat kaya.

Di dalam Museum Nasional, terdapat lebih dari 140.000 koleksi benda-benda sejarah dari Nusantara, seperti arca, keramik, dan senjata tradisional. Pengunjung juga dapat mengikuti tur panduan untuk lebih memahami koleksi-koleksi tersebut.

Ancol Dreamland

Ancol Dreamland merupakan taman hiburan populer di Jakarta yang terletak di tepi pantai utara Jakarta. Taman ini memiliki luas seluas 552 hektare dan terdapat berbagai macam atraksi seperti Dunia Fantasi, Atlantis Water Adventure, dan Seaworld.

Pengunjung dapat menikmati serunya bermain di atraksi taman atau berenang dengan pesona bawah laut pada Seaworld. Ancol Dreamland cocok untuk liburan keluarga dan teman.

Kelapa Gading Mall

Bagi Anda yang suka berbelanja, maka Kelapa Gading Mall adalah tempat yang tepat untuk Anda. Mall ini terletak di Kelapa Gading, Jakarta Utara dan memiliki lebih dari 500 outlet dari merek-merek terkenal.

Di dalam Kelapa Gading Mall, Anda dapat menemukan berbagai macam toko dan restoran yang menjual makanan dan minuman yang lezat. Mall ini cocok untuk liburan keluarga dan teman yang suka berbelanja.

Pasar Baru

Pasar Baru adalah salah satu pasar tradisional yang terkenal di Jakarta yang terletak di Jakarta Pusat. Pasar ini memiliki berbagai macam toko yang menjual produk-produk fashion seperti kaos, kemeja, dan baju muslim.

Di samping itu, Anda juga bisa membeli makanan khas Jakarta seperti kerak telor dan nasi goreng. Penting untuk diingat bahwa harganya tetap masih bisa ditawar dan sangat cocok bagi pecinta wisata belanja halal.

BACA JUGA:   Rekomendasi Kursi Kerja 500 Ribuan

Kota Tua

Kota Tua Jakarta adalah pusat sejarah dan budaya di Jakarta. Bengkel kereta api, gereja, museum dan rumah kuno paling indah dari masa kolonial Belanda bisa Anda temukan di sana.

Suasana kota tua ini menawarkan suasana yang berbeda dan unik yang mungkin tidak Anda temukan di tempat lain. Dalam Kota Tua, Anda dapat mengunjungi Fatahillah Museum, Bank Indonesia Museum dan Menara Syahbandar untuk mengetahui lebih jelas sejarah bangunan-bangunan yang ada di sana.

Kesimpulan

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata Jakarta yang wajib dikunjungi bagi Anda yang berencana untuk berlibur atau berwisata ke kota ini. Dengan mengunjungi lokasi wisata tersebut di atas, Anda akan menikmati liburan yang seru, berkesan, dan bermakna.

Sebagai kota metropolitan, Jakarta menawarkan banyak pilihan yang menarik untuk dikunjungi, tidak hanya wisata sejarah dan budaya, tetapi juga hiburan dan belanja. Jangan lupa untuk merencanakan perjalanan Anda sehingga Anda bisa mengunjungi semua tempat wisata yang ingin Anda kunjungi. Selamat berlibur di Jakarta!