Skip to content
Home » Resep Kue Lumpur Kentang 1 2 kg: Cara Membuat Kue Lumpur Kentang yang Lezat

Resep Kue Lumpur Kentang 1 2 kg: Cara Membuat Kue Lumpur Kentang yang Lezat

Apakah Anda ingin mencoba membuat Kue Lumpur Kentang yang lezat dan menggugah selera? Kue Lumpur Kentang adalah salah satu jenis kue tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung terigu, kentang, telur, susu, dan gula pasir. Kue ini terkenal dengan teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis. Mari kita ikuti resep berikut ini agar kue lumpur yang Anda buat menjadi sempurna.

Bahan-bahan yang Diperlukan

  • 1 2 kg kentang
  • 200 gr tepung terigu
  • 2 butir telur
  • 250 ml susu cair
  • 200 gr gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kue Lumpur Kentang

  1. Kupas kentang dan potong menjadi beberapa bagian kecil. Rebus kentang hingga empuk dan lembut, kemudian haluskan menggunakan blender atau food processor.
  2. Campurkan kentang yang sudah dihaluskan dengan tepung terigu.
  3. Tambahkan gula pasir, telur, susu cair, dan garam. Aduk hingga semua bahan tercampur rata menjadi adonan yang lembut dan halus.
  4. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api kecil.
  5. Ambil satu sendok makan adonan, lalu letakkan ke dalam minyak panas. Biarkan adonan mengembang dan berwarna kuning kecoklatan, kemudian balik dan goreng hingga matang.
  6. Angkat kue lumpur dan tiriskan minyak dengan menggunakan tisu atau serbet.
  7. Kue lumpur kentang siap untuk dihidangkan.

Tips untuk Membuat Kue Lumpur Kentang yang Sempurna

  1. Pastikan kentang yang Anda gunakan cukup empuk dan lembut agar mudah dihaluskan.
  2. Jangan terlalu banyak mengocok adonan setelah ditambahkan tepung terigu, karena dapat membuat adonan menjadi keras dan tidak lembut.
  3. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api kecil agar adonan bisa matang hingga bagian dalam tanpa gosong di bagian luar.
  4. Sebaiknya tiriskan minyak yang berlebih di atas kue menggunakan tisu atau serbet.
BACA JUGA:   Facial Wash Cosrx untuk Kulit Berjerawat

Kesimpulan

Kue Lumpur Kentang memang terkenal sebagai kue tradisional Indonesia yang enak dan lezat. Dengan mengikuti resep di atas, Anda dapat membuat kue lumpur kentang dengan mudah dan praktis. Berikan sentuhan kreatif pada kue lumpur yang Anda buat dengan tambahan topping seperti cokelat, kismis, atau keju parut. Selamat mencoba membuat Kue Lumpur Kentang yang lezat!