Skip to content
Home » Soal Perbandingan Kelas 7 Semester 2

Soal Perbandingan Kelas 7 Semester 2

Perbandingan adalah topik matematika yang seringkali ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kelas 7 semester 2, siswa akan mempelajari tentang perbandingan dan cara menghitungnya. Berikut adalah beberapa soal perbandingan untuk kelas 7 semester 2 yang akan kami bahas dalam artikel ini.

Definisi Perbandingan

Perbandingan adalah hubungan antara dua bilangan atau lebih. Dalam perbandingan, ada tiga istilah penting: antara, pembilang, dan penyebut. Antara adalah objek yang dibandingkan, sedangkan pembilang adalah jumlah dari antara yang dibandingkan dan penyebut adalah jumlah dari antara yang tidak dibandingkan.

Misalnya, jika kita membandingkan antara A dan B, maka pembilang adalah A dan B, dan penyebut adalah A+B.

Soal Perbandingan Kelas 7 Semester 2

  1. Dua buku ditumpuk dengan tinggi masing-masing 15 cm dan 20 cm. Hitunglah perbandingan tinggi buku tersebut!

    • Pembahasan: Jumlah antara buku tersebut adalah 15+20=35 cm. Maka perbandingan tinggi buku tersebut adalah 15:20 atau 3:4.
  2. Tiga lembar kain, masing-masing berukuran 4 m, 6 m, dan 8 m dibagi menjadi potongan yang sama besar. Jika banyaknya potongan pada kain yang berukuran 4 m sama dengan banyaknya potongan pada kain yang berukuran 6 m, maka hitunglah banyaknya potongan pada kain yang berukuran 8 m!

    • Pembahasan: Perbandingan jumlah potongan pada kain berukuran 4 m dan 6 m adalah 4:6 atau 2:3. Jumlah potongan pada kain berukuran 4 m adalah 2x (karena perbandingan dengan kain 6 m adalah 2:3) dan jumlah potongan pada kain berukuran 6 m adalah 3x. Maka perbandingan jumlah potongan pada kain berukuran 8 m adalah 2:3:4 atau 4:6:8. Oleh karena itu, banyaknya potongan pada kain berukuran 8 m adalah 4x.
  3. Dalam sebuah kelas, terdapat 20 siswa laki-laki dan 30 siswa perempuan. Jika jumlah siswa laki-laki bertambah 5, maka hitunglah perbandingan jumlah siswa laki-laki dan perempuan saat ini!

    • Pembahasan: Jumlah antara siswa laki-laki dan siswa perempuan adalah 20+30=50. Jika jumlah siswa laki-laki bertambah 5, maka jumlah siswa laki-laki saat ini adalah 25. Maka perbandingan jumlah siswa laki-laki dan perempuan saat ini adalah 25:30 atau 5:6.
  4. Sebuah tangki berisi campuran bensin dan minyak dengan perbandingan 3:7. Jika tangki tersebut berisi 60 liter campuran tersebut, maka berapakah banyaknya bensin dan minyak dalam tangki tersebut?

    • Pembahasan: Jumlah antara perbandingan bensin dan minyak adalah 3+7=10. Maka bensin dan minyak dalam tangki tersebut masing-masing adalah (3/10)x60=18 liter dan (7/10)x60=42 liter.
BACA JUGA:   Perbandingan Prosesor HP

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas beberapa soal perbandingan untuk kelas 7 semester 2. Perbandingan adalah topik matematika yang penting dan sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Penting bagi siswa untuk memahami konsep perbandingan agar dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Kami harap artikel ini dapat membantu siswa dalam belajar perbandingan.