Skip to content
Home » Tentang Format APA 7th Edition

Tentang Format APA 7th Edition

Apakah Anda ingin mengetahui lebih dalam tentang format APA 7th edition? Jika iya, maka Anda telah sampai pada tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang format APA 7th edition dan memberikan beberapa contoh yang mungkin akan sangat membantu Anda.

Apa Itu Format APA 7th Edition?

Format APA atau American Psychological Association adalah suatu sistem pengutipan dan referensi yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah, seperti buku dan jurnal. Versi terbaru dari format APA adalah 7th edition. Format APA digunakan untuk menghindari plagiarisme dan memberikan referensi yang akurat dan komprehensif dalam karya ilmiah Anda.

Bagaimana Cara Menggunakan Format APA 7th Edition?

Untuk menggunakan Format APA 7th edition, terlebih dahulu Anda harus memahami apa yang diperlukan dalam setiap bagian seperti bagian judul, abstrak, dan daftar referensi, misalnya. Berikut adalah contoh pola umum pengutipan dan referensi dalam format APA 7th edition:

Pengutipan

Pengutipan atau cite dalam format APA 7th edition terdiri dari dua jenis utama yang digunakan dalam karya ilmiah, yaitu dalam teks dan di daftar referensi.

Dalam teks

Pengutipan dalam teks pada format APA 7th edition dilakukan dengan menyebutkan nama penulis dan tahun publikasi dari karya tersebut. Sebagai contoh: "Saat ini, teknologi semakin berkembang pesat (John, 2019)."

Di daftar referensi

Daftar referensi pada format APA 7th edition memuat semua karya yang diacu dalam naskah karya ilmiah tersebut.

BACA JUGA:   Trik Mengoptimalkan Konten untuk SEO
Buku

Untuk pengutipan buku dalam daftar referensi, bagian-bagian yang harus dipertimbangkan antara lain: nama penulis, tahun publikasi, judul buku, dan penerbit. Berikut ini adalah contohnya:

Saramago, J. (1998). Blindness. Harcourt Press.

Artikel Jurnal

Untuk pengutipan artikel jurnal dalam daftar referensi, bagian-bagian yang harus dipertimbangkan antara lain: nama penulis, tahun publikasi, judul artikel, judul jurnal, nomor volume, dan halaman. Berikut adalah contoh pengutipan artikel jurnal dalam daftar referensi:

Lee, C., & Lian, J. (2020). The Power of Positive Thinking: The Relationship between Optimism and Job Satisfaction. Journal of Positive Psychology, 15(2), 265-282.

Referensi

Referensi merujuk pada semua sumber yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah, termasuk pada referensi buku dan artikel jurnal. Berikut adalah contoh referensi dalam format APA 7th edition:

Durrheim, K., & Foster, D. (2018). Research Design: Research Methods for Social Inquiry. Oxford University Press.

Apa 7th Edition Format Examples

Selain contoh yang sudah kami bahas di atas, berikut kami sajikan beberapa contoh lain dari format APA 7th edition.

Contoh Buku

Hibbert, P., Iglói, E., & Cacciatori, E. (2018). Strategy, Innovation, and Change: Challenges for Management. Oxford University Press.

Contoh Artikel Jurnal

Brown, T. A. (2018). Confirmatory Factor Analysis for Applied Research, Second Edition. Guilford Press.

Contoh Paper

Dijksterhuis, A., & Nordgren, L. F. (2016). A theory of unconscious thought. Perspectives on Psychological Science, 11(6), 580-598.

Kesimpulan

Terkadang, merujuk pada karya orang lain bisa menjadi bagian yang rumit dalam penulisan karya ilmiah, khususnya jika Anda tidak tahu secara pasti bagaimana cara membuat referensi yang benar. Namun, dengan menggunakan format APA 7th edition, Anda dapat membuat pengutipan dan referensi dengan mudah dan akurat. Dalam artikel ini, kami sudah membahas tentang format APA 7th edition dan memberikan beberapa contoh yang mungkin akan sangat membantu Anda. Harapannya, artikel ini dapat membantu Anda lebih memahami dan menguasai format APA 7th edition dengan lebih baik.

BACA JUGA:   Dr. Dan vs Dr. Apa: Perbedaan Utama antara Kedua Jenis Dokter