Skip to content
Home » Beda Office 365 dan Microsoft 365

Beda Office 365 dan Microsoft 365

Jika Anda bingung antara Office 365 dan Microsoft 365, maka Anda tidak sendirian. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara kedua layanan tersebut untuk membantu Anda memutuskan layanan apa yang akan digunakan untuk kebutuhan Anda.

Office 365

Office 365 adalah layanan langganan bulanan atau tahunan yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan paket Microsoft Office seperti Word, Excel, PowerPoint, dll. Office 365 juga termasuk layanan tambahan seperti SharePoint Online, Exchange Online dan OneDrive. Dalam layanan ini, pengguna dapat memiliki multiple lisensi Office 365 yang bisa digunakan pada beberapa perangkat.

Untuk keamanan, Office 365 menjadi pilihan terbaik bagi pengguna karena dilengkapi dengan enkripsi dan proteksi data. Dimana setiap akun pengguna akan mendapatkan fitur keamanan yang lengkap. Harga dari Office 365 bervariasi tergantung pada layanan yang dipilih dan berapa banyak pengguna yang membutuhkan lisensi Office.

Microsoft 365

Microsoft 365 adalah paket serba guna yang mencakup semua layanan Office 365, ditambah dengan beberapa layanan tambahan seperti Microsoft Teams, Microsoft Intune dan Windows 10 Enterprise. Layanan ini dilengkapi dengan fitur keamanan yang lebih canggih, seperti deteksi ancaman yang lebih cepat dan pemulihan data yang lebih andal.

Dalam Microsoft 365, pengguna juga dilindungi dari cyber attacks dengan enkripsi data, manajemen akses dan identitas, serta kepatuhan dengan peraturan keamanan. Microsoft 365 tersedia dalam tiga varian, yaitu Business Basic, Business Standard dan Business Premium. Harga yang ditawarkan cukup bervariasi dengan harga untuk penggunaan per bulan.

Perbedaan antara Office 365 dan Microsoft 365

Jadi, apa perbedaan utama antara kedua layanan tersebut? Perbedaan terbesar adalah bahwa Office 365 adalah layanan langganan bulanan atau tahunan yang memungkinkan pengguna mengakses paket Microsoft Office. Sedangkan Microsoft 365 mencakup semua layanan yang ditawarkan oleh Office 365 ditambah dengan layanan tambahan, seperti Microsoft Teams dan Windows 10 Enterprise.

BACA JUGA:   Knalpot Termahal di Dunia: Merek, Harga, dan Kenyamanannya

Selain itu, Microsoft 365 lebih mementingkan pada fitur keamanan canggih, termasuk fitur deteksi ancaman yang lebih cepat dan pemulihan data yang lebih andal. Ini memastikan bahwa data pelanggan aman dan terhindar dari ancaman cyber yang mungkin dapat mengganggu kerja bisnis.

Kesimpulan

Jadi, apakah Anda harus memilih Office 365 atau Microsoft 365? Keputusan terakhir tergantung pada kebutuhan bisnis Anda. Jika Anda hanya memerlukan akses ke paket Microsoft Office, pilihlah Office 365. Namun, jika Anda memerlukan perlindungan keamanan yang lebih canggih dan layanan tambahan, pilihlah Microsoft 365.

Dengan mengetahui perbedaan antara kedua layanan ini, Anda dapat memilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Namun ingat, dalam memilih layanan, terlepas dari bagus atau tidaknya suatu produk, yang terpenting adalah kualitas layanan dari vendor yang akan Anda gunakan.